oleh

Pendaki Gunung Guntur di Jabar Ditemukan Selamat Nyaris Telanjang, Ini Fakta dan Misterinya

IMNews– Pendaki gunung Guntur di Jawa Barat (Jabar) bernama Afrizal akhirnya ditemukan oleh tim pencarian dekat sumber mata air bernama Cikole. Beruntung setelah 31 jam hilang, pendaki gunung Guntur itu segera ditemukan, sebab kondisinya masih lemas.

Berikut sejumlah fakta dan misteri yang masih menyelimuti penemuan pendaki Gunung Guntur yang dirangkum indomataram.com dari berbagai sumber. Pertama, Afrizal pendaki dilaporkan hilang sejak Sabtu (4 Juli 2020), oleh teman satu tenda.

Kedua, Afrizal pendaki Gunung Guntur berhasil ditemukan selamat pada Minggu (5 Juli 2020) tapi dengan kondisi lemas. Anehnya lagi Afrizal tak memakai baju hanya pakai celana dalam di sekitar lokasi mata air Cikole, Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Jabar. Ketika ditanya Afrizal tidak tahu mengapa ia bisa seperti itu dan penyebabnya.

Ketiga, pendaki gunung Guntur yang hilang itu mengaku ada melihat orang lain di sekitarnya. Namun dirinya tak bisa mengucapkan sepatah katapun untuk meminta tolong. Anehnya juga orang yang melintas tak bisa melihat dirinya.

Keempat, Gunung Guntur adalah salah satu gunung berapi bertipe stratovolcano. Pada masa 1800 an, Gunung Guntur pernah jadi gunung berapi paling aktif di pulau Jawa hanya saja perlahan kemudian aktivitas erupsinya terus menurun.

Kelima, Gunung Guntur bersebelahan dengan gunung lain seperti Gunung Putri, Gunung Parupuyan, Gunung Masigit, serta banyak gunung lainnya.

Keenam, di bawah kaki Gunung Guntur yang berlokasi Kecamatan Tarogong Kaler terdapat banyak fasilitas pemandian air panas. Sekaligus terdapat banyak hotel dan penginapan disekitarnya. Sumber air panas disana berasal dari Gunung Guntur.

Ketujuh, ada kisah mistis yang berkembang di masyarakat setempat bahwa Gunung Guntur punya pantangan. Pantangan atau larangan meniup suling. Dikisahkan kalau meniup suling di gunung guntur yang punya ketinggian 2.249 Mdpl itu maka bakal ada harimau gentayangan yang menunjukkan wujudnya. Namun hingga kini, belum ada laporan sesuatu berwujud harimau terlihat di Gunung Guntur.

Namun apapun kisah misteri atau mistis di Gunung Guntur boleh percaya atau tidak, sebaiknya menghormati kepercayaan atau pantangan yang disampaikan warga setempat. (Aris)